Minggu, 03 Januari 2010

Tips Membedakan Cucak Hijau Jantan dan Betina

Membedakan jenis kelamin CI “cucak hijau. Apalagi yang masih muda hutan atau masih trotol, memang cukup menyulitkan. Ini yang sering dirasakan, baik oleh penghobi pemula maupun para penghobi lama, saat membeli bakalan muda hutan dipasar burung, maupun membeli dirumah pengepul cucak hijau. Pasalnya, saat cucak hijau masih muda/trotolan sekitar umur 2-4 bulan. Selain bentuk fisiknya nyaris sama, bulunya pun warnanya sama hijau muda. Serta ada warna kuning, dibawah paruh sampai leher. Dan sepertinya, tidak ada ciri khusus yang membedakan antara yang Jantan dengan yang betina. Namun bagi mereka yang sudah bertahun-tahun menekuni cucak hijau akan sangat mudah melihat perbedaannya baik masih bakalan apalagi saat dewasa. Ada beberapa cara jitu untuk melihat perbedaan jantan dan betina. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli bakalan cucak hijau dipasar burung maupun dipengepul. Pertama. Bakalan jantan, jika masih berumur dibawah 4 bulan. Lihat alis yang melingkar di kedua dimatanya. Kalau alis matanya berwarna kuning, pasti itu jantan. Tapi, jika alis matanya itu berwarna putih. Bakalan itu jangan dipilih, karena itu jelas betina.





Kedua. Selain bisa dibedakan dari melihat warna alis matanya. Juga bisa dilihat dari warnah paruh bagian bawah. Kalau yang jantan, paruh bagian bawah berwarna coklat tua. Sedangkan yang betina berwarna putih.



Ketiga. Kalau bakalan itu sudah berumur diatas 4-6 bulan. Meskipun hal ini tidak terlalu sulit, tapi kita tetap berhati-hati. Sebab, ada kalanya si pedagang akan menipu pembelinya. Sebab bakalan yang sudah menginjak 4 bulan lebih. Untuk yang betina, warna kuning dileher. Akan berganti menjadi warna putih kehijauan. Biasanya kalau kita kurang jeli, warna putih itu akan disemir jadi hitam. Ini yang sering dilakukan oleh pedagang yang nakal.
Sedangkan yang jantan. Warna kuningnya, akan dipenuhi oleh trotol-trotol hitam. Dimana dua bulan berikutnya, warna hitam akan nampak lebih jelas dileher bagian bawahnya.
Dan selanjutnya, seiring cucak hijau itu bertambah umur. Warna hitam dileher bawah, akan terus menutup sampai dibawah matanya. Itu yang disebut nopeng (topeng red), oleh mania Jember. Sebab, dari paruh atas sampai mata serta leher ditutup oleh warna hitam. Itulah beberapa tips jitu, yang mungkin sangat berguna bagi para mania. Buktikanrv nanti, saat anda membeli bakalan cucak hijau.

tabloid Agro Burung No.316 Minggu II April 2006

1 komentar:

  1. thanks infonya sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya.

    BalasHapus